Kamis, 21 Mei 2015

Mengetahui Sumur Gali Yang Beracun



Tahukah anda, !

     Mengapa di dalam sumur sampai ada gas beracun hingga dapat membunuh manusia dan apa nama gas itu? Pada kedalaman berapa meter kah gas tersebut dapat muncul? Bagaimana cara mengetahui ada dan tidaknya gas beracun dalam sebuah sumur?

     Kemungkinan gas yang dimaksud yaitu gas hidrogen sulfida yang tidak berwarna dan berbau seperti telur busuk. Massa jenisnya lebih besar dari massa jenis udara, sehingga gas ini sering didapati pada tempat-tempat rendah seperti sumur.Gas ini juga terdapat pada gas-gas gunung berapi, ladang-ladang minyak, industri tambang, dan industri kayu.

     Gas ini dihasilkan oleh bakteri yang memecah senyawa organik tanpa oksigen misalnya dalam lumpur/tanah becek atau dalam pipa-pipa pembuangan kotoran.

    Gas hidrogen sulfida sangat berbahaya. Ketika terhisap oleh manusia, lewat paru-paru gas akan terserap cepat oleh darah dan dibawa ke otak. Gas ini akan mencegah bekerjanya enzim cytochrome oxidase yang sangat penting untuk pernapasan sel otak. Akibatnya, orang yang menghirupnya bisa meninggal.

     Cara mengetahui adanya gas hidrogen sulfida ini dengan menggunakan detektor gas. Biasanya, perusahaan-perusahaan besar yang berhubungan dengan galian-galian atau sumur mempunyai detektor gas ini.

Pencegahan Sebelum Masuk Sumur.

     Dulu pernah baca/mendapat tips, cuma lupa di mana. Sebelum anda (tukang anda) masuk ke dalam sumur, cek-lah sumur itu dengan binatang (ayam, tikus, kucing, dll).

Ikat binatang itu kemudian masukkan ke sumur pelan-pelan sampai ke dasar (tapi belum masuk air). Diamkan beberapa menit. Kemudian angkat kembali.

Jika ayam itu mati… berarti sumur anda BERACUN.  Maka.Berhati-hatilah.!.. :-)
Semoga bermanfaat ya :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar